Jelaskan ciri-ciri tanah yang subur

Jelaskan ciri-ciri tanah yang subur?

Jawaban : 1.Kadar pH Normal Tanah yang baik memiliki kadar pH normal yang berkisar antara 6-8. Perlu diketahui kondisi terbaik yang bisa didapatkan tanah adalah berada di kisaran 6,5-7,5. Pengapuran diperlukan kika kadar pH tanah enggak normal atau baik. Kadar pH termasuk ciri-ciri tanah subur yang perlu diperhatikan ya.

2.Memiliki Biota Tanah yang Melimpah Salah satu ciri-ciri tanah yang subur adalah dengan memerhatikan biota tanah di sekitarnya. Tanah yang subur memiliki ciri dengan banyaknya kehadiran biota tanah, seperti tanaman kecil, cacing, dan mikroorganisme lainnya. Sederhananya, mikroflora dan mikrofauna menjadi indikator kesuburan tanah di sekitarnya.

3. memiliki tekstur serupa lempung Tanah yang subur memiliki tekstur seperti lempung yang tidak mudah lapuk dan kuat dalam mengikat unsur penting tanah.Pada tanah lempung memiliki tekstur alot yang berguna untuk mengikat mineral di dalam tanah dan air yang berguna untuk kesuburan. Struktur tanah yang surbur juga dapat dilihat dari kombinasi tanah gambut, lempung, dan pasir yang seimbang,

4.Mengandung Lapisan Humus Tebal Bunga tanah atau humus adalah ciri-ciri tanah subur yang paling mudah untuk mengetahui kondisi tanah. Jika lapisan humus semakin tebal maka kualitas tanah semakin bagus.selain itu, kandungan bahan organik dan unsur hara juga tinggi.

5.Banyak Ditumbuhi Tanaman Kehadiran tumbuh-tumbuhan atau dikenal dengan vegetasi merupakan ciri tanah yang subur.Semakin beragam dan banyak vegetasi di suatu lingkungan maka kualitas tanah akan semakin baik.

 

Leave a Comment